Profil Masyarakat Simpang Macan Luar

Selasa, 16 May 2017 WIB- Editor : Khalim - Sumber : Doc.CAPPA

Simpang Macan Luar
Jarak dari kota Jambi lebih kurang 110 km dari Kota jambi, dengan kondisi jalan tanah. Dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda 4.
Secara administrasi pemerintahan merupakan bagian dari Dusun Kunangan Jaya I Desa Bungku, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari yaitu RT 22. Terdiri dari masyarakat asli yaitu Masyarakat Adat Batin Sembilan keturunan Pasirah Pintang Iman. Mendiami wilayah seluas lebih kurang 800 ha dalam skema wilayah adat. Terdiri dari 56 KK pemilik waris atas tanah.

Berkonflik dengan PT. Restorasi Ekosistem sejak tahun 2010 setelah perusahaan mendapat ijin dan beroperasi diwilayah klaim masyarakat Simpang Macan Luar (SML) dengan melakukan pelarangan masyarakat melakukan pemanfaatan Hasil Hutan Bukan Kayu di wilayah hutan SML dan melakukan perladangan.
Kehidupan masyarakat adalah memanfaatkan hasil hutan bukan kayu seperti karet (gerah), rotan, jernang, madu dan buah-buahan. Masyarakat melakukan pengelolaan hutan berdasarkan pengetahuan local yang diwarisi dari nenek moyang. Saat ini masyarakat SML mulai melakukan budaya beradang untuk pemenuhan kebutuhan pangan harian.
Proses penyelesaian konflik di SML dengan PT. REKI ditempuh melalui jalur dialogis dengan model Manajemen Kolaboratif, MoU penyelesaian konflik ditandatangani pada tanggal 3 Desember 2015 bertempat di Camp PT. REKI
Copyright © 2017 • Yayasan Cappa Kota Jambi • Website Developed By RUMAH PROJECT