Atasi Agar Tak Terjadi Konflik Lahan, CAPPA Lakukan Ini

Kamis, 22 June 2017 WIB- Editor : Khalim - Sumber : HALOJAMBI.ID

SAROLANGUN,halojambi.id– Terkait dengan Konflik lahan yang sering terjadi di Kabupaten Sarolangun, ternyata Yayasan CAPPA sudah melakukan beberapa upaya untuk mencegah agar tidak terjadi Konflik tersebut.

Upaya yang telah dilakukan antara lain yakni Melakukan kampanye dan demonstrasi mengangkat persoalan yang terjadi di Dusun Sialang Batuah tahun 2012-2013.

“Kita Sudah Mengirimkan surat pengaduan kepada Presiden Republik Indonesia tahun 2013, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan tahun 2012, 2013 dan 2015, Mengirimkan surat pengaduan kepada Dewan Kehutanan Nasional untuk memfasiltiasi proses penyelesaian konflik tahun 2013, “Ungkap Umi.

Tidak hanya itu saja, Yayasan CAPPA juga Mengirim surat permohonan fasiltiasi proses penyelesaian konflik ke Bupati Sarolangun tahun 2015 lalu, Melakukan pengaduan langsung kepada Kementrian LHK.

“yang menerima pada saat itu langsung oleh Direktur Penanganan Konflik Tenurial dan Hutan Adat, Melakukan FGD dan workshop dengan pemerintah dan perusahaan untuk merumuskan skema dan model penyelesaian konflik (2016 dan 2017), Melakukan proses penguatan kapasitas internal dan penguatan data internal melalui pemetaan partisipatif. “Jelasnya

Disini kita juga membutuhkan Dukungan dari berbagai Media, baik cetak maupun elektronik, agar ini menjadi salah satu pilar demokrasi dengan peran kontrol social dan mendorong percepatan perubahan melalui diseminasi informasi dan penyampaian berbagai fakta yang factual kepala publik.



“Kekuatan media dari berbagai kelompok atau golongan peran aktif media dalam menyampaikan berbagai persoalan yang dihadapi oleh rakyat menjadi salah satu kunci percepatan proses resolusi konflik tenurial di tingkat tapak, tanpa kehadiran media, persoalan yang dihadapi masyarakat pinggiran tidak mungkin sampai kepada para pemangku kepentingan dan pengambil kebijakan.”Katanya



Oleh karena itu lanjutnya, dukungan dan peran atif media dalam mendiseminasi informasi terkait proses resolusi konflik yang dilakukan di Dusun Sialang Batuah Desa Guruh Baru mutlak dibutuhkan.

“Tentu dari berbagai inisiatif dan pembelajaran dari tingkat tapak sangat penting untuk disampaikan kepada public, kepada pengambil kebijakan maupun kepada pasar industry kehutanan, agar public tau bahwa dari pinggiran, dari kampung dan dari pedalaman kawasan hutan ada masyarakat yang tidak pernah putus asa berjuang untuk masa depan baik di sisi ekonomi, sosial maupun ekologi dan mengakui kedaulatan Negara secara utuh dalam penyelesaian konflik tenurial kawasan hutan. “tandasnya (Ajk)
Copyright © 2017 • Yayasan Cappa Kota Jambi • Website Developed By RUMAH PROJECT