INTERNATIONAL SOLIDARITY FOR LOCAL MOVEMENT 2017

Jumat, 02 March 2018 WIB- Editor : Team CAPPA Keadilan Ekologi - Sumber : DOC.MITRA MISEREOR

Daratan Indonesia seluas lebih dari 192 Juta Hektar,di dalamnya terdapat hutan serta kekayaan yang terkandung didalamnya
merupakan sumber daya kehidupan yang dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran warga negara Indonesia.
Berdasarkan statistik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tahun 2015, luas kawasan hutan di Indonesia seluas lebih dari 120 Juta Hektar,
disini lah semua kepentingan bertarung atas nama pembangunan,baik disektor pertambangan, energi, migas, dan perkebunan.
Di sisi lain negara semestinya mempertimbangkan kebutuhan atas lahan untuk rakyat,karena dengan meningkatnya pertumbuhan penduduk serta pengakuan terhadap masyarakat adat yang berada didalam dan sekitar kawasan hutan.
Pertumbuhan perekonomian di Indonesia disumbang oleh sektor pertanian, kehutanan dan perkebunan.
Namun, sektor sektor ini juga yang menyebabkan angka kemiskinan menjadi besar.
Kondisi ini, membuat masyarakat tidak mandiri lagi untuk membangun landscape wilayah dan tata kelola sumber kehidupan,tetapi juga terus menyulut konflik-konflik lahan.
Dampak dari konflik lahan ini yang membuat Masyarakat Adat, Petani,Masyarakat Desa, Perempuan dan Anak-Anak harus berhadapan dengan aktor korporasi dan kebijakan pemerintah.
Misereor adalah organisasi Internasional non pemerintah dari Jerman,memberi dukungan kepada mitra-mitranya di Indonesiayang konsen bekerja di tengah-tengah kehidupan masyarakat atau komunitas yang terdampak dan termajinalkan,untuk memperkuat posisi, peran masyarakat dalam pengelolaan sumberdaya kehidupan.
Dari berbagai macam isu, pendekatan, strategi serta bekerja dengan banyak komunitas, Mitra Misereor Indonesia melakukan beberapa kali putaran pertemuan belajar bersama,
saling berbagi pengetahuan dan pengalaman.
Pembelajaran bersama ini merupakan kekuatan kolektif Mitra Misereor untuk membangun pengetahuan berbasis lokal.
Pembelajaran bersama sejatinya tidak hanya bersifat lokal,Dia adalah alat perubahan untuk membangun solidaritas global yang bergerak secara teratur, partisipatif dan terukur
Membangun gerakan gerakan yang dimotori oleh komunitas Akar Rumput.

Mitra Misereor di Indonesia terdiri dari beberapa organisasi yang mempunyai latar belakang yang berbeda,historis yang berbeda, bahkan kapasitas berbeda.
Potensi-potensi ini justru akan menjadi satu kekuatan yang dahsyat,Jika kemudian bisa dikelola dalam sebuah proses pembelajaran secara konstruktif.
Proses pembelajaran atau lesson learned di antara mitra Itu tidak hanya akan bisa memperkuat kapasitas mitra,Tetapi juga akan bisa mendorong perubahan-perubahan ditingkat komunitas,untuk bisa menjadi lebih kuat, mandiri dan demokratis.



Copyright © 2017 • Yayasan Cappa Kota Jambi • Website Developed By RUMAH PROJECT